Film Kisah KH Ahmad Dahlan Diputar Bulan Puasa

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA–Film “Sang Pencerah” yang mengangkat kisah pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, akan diputar perdana secara serentak di bioskop berbagai daerah di Indonesia pada bulan puasa 2010, kata sutradara film ini, Hanung Bramantyo.

Di sela Muktamar ke-46 atau Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta, 3-8 Juli 2010 pada bedah buku “Sang Pencerah” karya Akmal Nasery Basral, Hanung mengatakan awalnya pemutaran perdana film itu akan diputar bersamaan dengan Muktamar Muhammadiyah di Yogyakarta.

Namun harus diundur pada Agustus 2010. Tetapi Hanung tidak menyebut alasan penundaan tersebut. “Film ini dibuat karena terinspirasi dari cerita orang tua pada masa kecil saya,” katanya.

Lokasi syuting di Kampung Kauman, Kota Yogyakarta, serta beberapa tempat di daerah lain seperti Ambarawa (Jawa Tengah), dan Bogor.

Salah seorang pemeran utama film ini, Lukman Sardi mengatakan dalam proses pembuatan film tidak ada kendala terutama bagi para aktor dalam memainkan perannya.

“Meskipun ada beberapa dialog yang menggunakan bahasa jawa `kromo inggil`(bahasa jawa halus), saya tidak mengalami kesulitan, dan saya mengimprovisasikannya langsung dalam percakapan itu ,” katanya.

Lukman mengaku hanya membutuhkan pendalaman skenario untuk mendukung kelancaran dialog yang menggunakan Bahasa Jawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s