Piaggio Rilis Skuter Hybrid Pertama di Dunia

Milan – Produsen motor Italia, Piaggio meluncurkan versi hybrid dari motor roda tiga mereka, MP3 dengan nama Piaggio MP3 Hybrid 300ie. Lahirnya motor ini seolah menemani MP3 125 cc hybrid yang menjadi skuter hybrid pertama di dunia.

Piaggio MP3 Hybrid 300ie sendiri diperkuat oleh mesin bensin berkapasitas 278 cc. Mesin tersebut kemudian bekerja sama dengan motor listrik yang juga bisa berpadu apik dengan transmisi otomatis CVT.

Dengan perpaduan tersebut, Piaggio MP3 Hybrid 300ie yang memiliki empat drives modes ini diklaim sanggup mengeluarkan tenaga yang setara dengan skuter yang menggendong mesin 400 cc.

Baterai lithium ion dapat terisi ketika motor berjalan, berkat sumbangan energi dari mesin bensin yang mereka gendong. Namun begitu, Piaggio MP3 Hybrid 300ie juga mampu berjalan dengan menggunakan energi listrik yang membuatnya jadi kendaraan nol emisi.

Baterai yang terdapat di Piaggio MP3 Hybrid 300ie diklaim Piaggio mampu menjalankan motor hingga sejauh 20 km tanpa menyalakan mesin bensinnya.

Sementara untuk emisi gas buangnya, Piaggio MP3 Hybrid 300ie diperkirakan hanya mengeluarkan emisi sebanyak 60 km per liter. Angka ini hampir dua kali lipat lebih baik dari efisiensi skuter konvensional.

Bagusnya lagi, baterai Piaggio MP3 Hybrid 300ie ternyata hanya butuh waktu sekitar 3 jam saja untuk disi tenaganya hingga penuh atau bila terburu-buru, dua jam cukup untuk mengisi 85 persen tenaga Piaggio MP3 Hybrid 300ie.

Sementara untuk harganya, Piaggio menbanderol MP3 Hybrid 300ie hanya dengan harga 7.990 euro atau sekitar Rp 72,6 jutaan saja.

One thought on “Piaggio Rilis Skuter Hybrid Pertama di Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s