Ada 23 Cara Percepat WINDOWS XP

Bagi kebanyakan pengguna Windows, kecepatan kinerja Windows sangat diharapkan hanya dengan biaya yang murah. Karena memang Windows mampu untuk melakukan tugasnya dengan optimal sesuai dengan kondisi PC yang ditempatinya.

Dalam postingan kali ini, om Hobigratis dengan bangga mempersembahkan 23 Cara percepat Windows anda yang sebelumnya memberikan tips untuk mengoptimalkan registry windows anda.

Nah Cara percepat System Windows anda adalah :

1.) Siapkan kocek anda untuk membeli Software Windows Asli untuk mengurangi waktu booting dan meningkatkan permormance Windows. Kalau yang mau gratisan cukup download di Internet dan melakukan sedikit trik untuk melegalkannya. Seperti ini atu ini

2.) Jika RAM kurang dari 512 MB, belilah RAM lagi agar kecepatan system lebih meningkat. Yang mau gratis boleh pinjem sama temen

3.) Pastikan bahwa XP Windows menggunakan sistem file NTFS. Jika kamu belum tahu system yang digunakan,perhatikan cara memeriksanya : Pertama, klik-ganda icon My Computer, klik-kanan di C:, kemudian pilih Properties. Berikutnya, lihat File System; jika ternyata FAT 32, backup data yang penting. Berikutnya, klik Start, klik Run,ketik CMD, dan kemudian klik OK. Di prompt, ketik CONVERT C:C: / FS:NTFS dan tekan Enter. Tunggulah Proses ini beberpa saat; dan yang paling penting bahwa usahakan komputer tidak mati pada saat proses .

4.) Matikan Windows Indexing Service

Caranya : Pertama, klik-ganda Icon My Computer. Lalu Klik Kana pada C:, atau D: (drive mana yang akan dimatikan), kemudian pilih Properties. Lau Uncheck ” Allow Indexing Service to index this disk for fast file searching.” Kemudian, klik tombol Apply, trus pilih “Aplly Changes to C:\, subfolders and file,” dan klik OK. Jika ada peringatan seperti ” Access denied”, klik tombol Ignore All.

5.) Upgrade Video Adapater atau Motherboard, atau ugrade “BIOS” dengan yang lebih baru.

6.) Kosongkan Folder “C:/Windows/ Prefetch” tiap-tiap minimal 3 bulan. Windows XP memang dilengkapi dengan” Prefetch” untuk mengumpulkan informasi Program yang seringa digunakanagar proses pemanggilan tugas program tersebut lebih cepat. Namun lama kelamaan apabila tidak sering dibersihkan justeru akan memperlambat kinerja Windows karena penumpukan file yang berlebihan.

7.) Jalankan disk cleanup paling tiadk sebulan sekali. Caranya klik Start, All Programs, Acessories, System Tool, klik Disk Cleanup. Klik OK, terus centang semua pilihan, klik OK.

8.) Atur Device Manager, Klik doble pada IDE ATA/ATAPI Controllers, klik-double pada  Primary IDE Channel. Kemudian klik Advanced Settings. Pilih jenis Transfer Mode pada “DMA if available” baik pada Device 1 maupun Device 0. Kemudian ulangi proses ini dengan Secondary IDE Channel.

9.) Perhatikan mutu kabel ATA yang digunakan untuk HDD atau CD/DVD.  Usahakan untuk menggunakan 80-wire kabel Ultra-133 di semua conector IDE agar terhubung baik dengan Slot Master/Slave/Motherboard. Perhatikan juga Posisi Connectornya antara untuk HDD Primary atau HDD Secondary. Dan sekarang lebih bagus lagi apabila menggunakan SATA.

10.) Buang semua spyware dari komputer. Bebaskan komputer dari  program seperti AdAware.

11.) Buang program yang tak perlu dari Startup Windows,  yaitu dengan menggunakan layanan MSCONFIG. Caranya: Pertama, klik Start, klik Run, ketik MSCONFIG, dan klik OK. Klik StartUp, buang centang pada program-program yang tidak ingin dijalankan pada waktu pertama masuk Windows.

12.) Buang program yang sudah tidak diperlukan dengan Add/Remove Programs  dari Control Panel itu.

13.) Matikan/Disable semua animasi yang tak perlu, dan matikan active desktop. Untuk mematikan animasi yang tidak diperlukan klik Start, Control Panel. Klik 2 x pada System kemudian klik Advance pada System Properties, Klik Setting di Kotak Performance, buang centang pada animasi yang tidak diperlukan (atau kalau bingung pilih/klik pada “Adjust best performance”), klik OK

14.) Jika anda menguasai/dapat mengedit Registry atau semacam Tweak XP, edit beberapa registry yang dapat membantu mempercepat System, salah satu cara tweak registry disini

15.) Lakukan Update Windows secara rutin dan install update tersebut, terutama yang “Critical Update”, atau kalu perlu juga yang “Optional Update”  di www.update.windows.com

16.) Lakukan Update rutin pada Antivirus yang digunakan. Usahakan hanya ada satu Antivirus yang dianggap paling handal untuk mengurangi erorr pada antivirus.

17.) Gunakan hanya font-font yang dianggap perlu saja, jangan terlalu banyak Font yang digunakan, sebab semakin banyak Font yang iinstall pada komputer akan sangat membebani system Windows XP.

18.) Jangan terlalu banyak membagi Partisi Hardisk. Sebab System NTFS lebih efektif bekerja pada ruang Hardisk yang besar.

19.) Periksa Memory yang digunakan secara berkala, anda bisa mencoba Freeware “MemTest86” Download dan jadikan sebagai CD Bootable/Floppy Bootable,setlah itu jalankan program tersebut yang akan menjalankan 10 test di memori PC’s secara otomatis. Ijinkan semua test untuk diselesaikan. Jika program menemui kesalahan apapun,matikan komputer dan cabut Steker Listrik, Cabut Memory ( jika lebih dari satu memory yang terpasang, test satu-satu), Ingat, memori yang tidak baik tidak bisa diperbaiki, tetapi hanya menggantikan.

20.) Jika PC anda dilengkapi dengan DVD atau CD, carilah firmware yang baru. Dalam beberapa hal kamu akan mampu meningkatkan mutu/kecepatan yang lebih baik.

21.) Matikan “services”  yang tak perlu. Untuk mempelajari “services” apa saja yang perlu dimatikan, coba kunjungi  Black Viper (dlm Bahasa Inggris)

22.) Jika tiba-tiba komputer Hang pada saat membuka Windows Explorer maka, Klik 2 x pada My Computer, Klik  Tools, lalu Folder Options. Kemudian Klik View tab. Scroll down ke “Launch folder windows in a separate process,” dan enable opsi ini.

23.) Sedikitnya sekali se tahun, bukalah Casing CPU dan bersihkan dari debu dan kotoran yang ada di dalamnya.

Itulah 23 Tips mempercepat Windows XP anda, semoga bermanfaat. Saran dan Komentar sangat kami harapkan untuk artikel-artikel yang akan datang…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s